9 Manfaat Bawang Putih Yang Sangat Penting

ZonaWanita.info – Dalam sebuah sejarah yang ada, bawang putih yang kita kenal itu sebagai bumbu dapur yang sangat enak, untuk berbagai obat-obatan sejak 7000 tahun ( lama banget ya ). Bawang putih mempunyai ciri khusus yaitu umbinya berwarna putih, dan aromanya sangat menyengat. Aroma yang dikeluarkan oleh bawang putih adalah dari 33 jenis senyawa sulfur yang ada di dalam umbinya. Tentunya sangat banyak manfaat bawang putih itu.

Bukan hanya kandungan sulfur saja, bawang putih memiliki kandungan protein, vitamin A, C, B1, serat, mineral, enzim seperti tembaga, kalsium, magnesium, kalium, zat besi, sinc, selenium dan 200 senyawa kimia dan lainnnya.

Manfaat Bawang Putih Mampu Untuk Mengobati Penyakit Berbahaya !!

  1. Penyakit Jantung

    manfaat bawang putih untuk mencegah penyakit jantung
    Penyakit jantung adalah hal yang paling mengerikan ketika kamu memiliki penyakit ini, karena banyaknya suatu kematian bahkan nomer satu di dunia yang meninggal akibat penyakit jantung. Di amerika sendiri penduduk yang meninggal karena penyakit jantung lebih banyak dari pada meningga dalam ketika sedang perang dunia kedua.

    Kebanyakan penyakit jantung yang mereka sering derita adalah efek dari gaya hidup yang kurang baik ( tidak sehat ), makan makanan yang tidak baik dan kurangnya dalam olahraga. Ada penelitian di india bahwa dengan konsumsi bawang putih mampu mencegah penyakit jantung dan akan menurunkan resiko akan penyakit jantung ini.

    Hasil dari banyaknya penelitian yang ada bahwa orang yang tidak memakan campuran bawang putih setiap hari akan mengalami kematian lebih besar dari pada yang tidak mengkonsumsi bawang putih.

  2. Menurunkan Tekanan Darah

    manfaat bawang putih untuk menurunkan tekanan darah
    Bagi mereka penderita hipertensi pasti sudah tidak aneh lagi dengan umbi herbal ini.

    Bawang putih memiliki manfaat yang luar biasa juga dan terkenal yang mampu untuk menurunkan tekanan darah. tidak hanya itu, Capraz et al, pada tahun 2006 mengabarkan bahwa bawang putih memiliki banyak manfaat dan obat paling efektif untuk terapi. Ada penelitian juga yang di lakukan oleh Benevides et al di tahun 2006, dia menemukan bahwa adanya senyawa polisulfida di dalam bawang putih mampu untuk pelebaran pembuluh darah merangsang vasodilatasi dan mampu untuk menurunkan tekanan diastol.

    Bukan hanya itu, ekstrak yang ada di bawang putih juga sangat aktif sebagai blood thinner atau kita bisa sebut pengencer darah sehingga darah kamu dapat mengalir secara lancar tanpa adanya plak pada arteri.

    6 Manfaat Buah Leci untuk Kesehatan dan Kecantikan
    8 Penyebab Dan Kebiasaan Buruk Wajah Berjerawat
    5 Jenis Dan Masalah Kulit Wajah, Kenalilah Sedini Mungkin!

  3. Mencegah HIV/AIDS
    manfaat bawah putih mencegah hiv
    Banyak senyawa aktif yang ada di bawang putih yang seperti disebutkan di atas, senyawa aktif ini yang mampu untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan salah satunya mampu untuk mencegah infeksi virus seperti HIV

    ada penelitian di amerika bahwa orang yang menderita penyakit HIV ini mengkosumsi bawang putih menunjukkan hasil yang luar biasa positif.

    bagi penderita HIV dengan konsumsi bawang putih secara rutin maka dapat meningkatkan harapan hidup dan mengurangi adanya gejala yang ditimbulkan.

  4. Mencegah atherosklerosis

    manfaat bawang putih Mencegah atherosklerosis
    penyakit pembuluh arteri atau bisa di sebut bahasa kedokteran dengan Atherosklerosis adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh timbunan plak

    Penyakit jantung maupun penyakit stroke dapat di sebabkan oleh adanya penyempitan pembuluh arteri itu karena adanya tekanan darah. Manfaat bawang putih karena adanya senyawa allicin dapat mengurangi kadar kolesterol jahat yang ada di tubuh atau bisa juga di kenal oleh para dokter dengan nama Low Density Lipoprotein (LDL).

    Bukan hanya itu saja, Manfaat bawang putih itu adanya antioksidan dan serat yang mampu menghambat mencegah mencegahnya plak dan akumulasi kolesterol di pembuluh arteri.

  5. Mencegah dan meredakan influenza

    manfaat bawang putih mencegah influenza
    Adanya penelitian yang di publish di oleh tsai di tahun 2011 dan hal ini melibatkan 2 studi mendapatkan responden dari negara rumania dan jepang, melaporkan bahwa manfaat bawang putih yang memiliki senyawa allicin mampu untuk mencegah virus influenza 1 dan 2.

    Oleh karena itu jika kamu mengalami flu maka sebaiknya konsumsi bawang putih yang kaya akan manfaat agar penyakit itu cepat sembuh dan mengurangi gejala yang ada

  6. Mengobati infeksi jamur

    manfaat bawang putih mengobati infeksi jamur
    Mungkin saya sudah mengatakan manfaat bawang putih yang memang sungguh luar biasa, karena bawang putih memiliki kandungan antifungal yang dapat mengobati penyakit infeksi jamur atau fungi.

    Apicastro dan Ledezma, pada tahun 2006 menyebutkan bahwa adanya senyawa antifungal yang aktif di bawang putih bisa di sebut juga dengan Ajoene. Dengan adanya senyawa ini mampu untuk memperlambat pertumbuhan jenis jamur candida albicans, Cryptococcus, Aspergillus dan jenis jamur lainnya.

    Pada umunya adalah jamur itu menyebabkan penyakit di kulit dan beberapa organ genitalia. Lemar et al., pada tahun 2007 juga menyatakan bahwa bawang putih mampu untuk mencegah peradangan di otak atau meningitis yang disebabkan oleh penyakit infeksi jamur Cryptococcus meningitis.

  7. Meredakan stress

    manfaat bawang putih mencegah stress
    Manfaat bawang putih yang lainnya tidak kalah pentingnya untuk meredakan stress.

    kebanyakan orang stress itu di picu akibat berbagai faktor dan hal ini mampu meningkatkan terjadinya resiko penyakit kronis seperti diabetes, jantung, insomnia dan obesitas

    Ada sebuah penelitian yang di publish oleh Kasuga et al., di tahun 1999 di sebutkan bahwa manfaat bawang putih bisa meredakan stress yang diderita oleh semua masyarakat saat ini dan mampu untuk meningkatkan mood seseorang menjadi lebih baik dan mencegah penyakitan untuk mental seseorang.

  8. Mengobati malaria ( Demam Berdarah )

    manfaat bawang putih Mengobati malaria
    Penyakit malaria atau kita bisa sebut demam berdarah itu penyakit yang menular dan sangat berbahaya tentunya mengakibatkan kematian dan ini disebabkan oleh mikroorganisme plasmodium, dan ditularkan sama nyamuk Anopheles.

    Penyakit ini sering kali di derita oleh warga yang tinggal di daerah tropis seperti negara kita yaitu indonesia sendiri dan parahnya lagi angkat kematian ini sangat tinggi. Akan tetapi kamu tidak perlu khawatir, khasiat bawang putih yang biasanya kamu sepelekan karena harganya murah ternyata mampu untuk mencegah penyakit ini bahkan bisa mengobati penyakit malaria.

    Adanya Senyawa chloroquine dan Ajoene yang ada di khasiat bawang putih terbukti untuk membunuh kuman plasmodium dan mampu mencegah infeksi malaria. Jika kamu terkena penyakit malaria, cobalah untuk konsumsi bawang putih secara mentah insya allah dapat mengurangi gejala malaria yang ditimbulkan dalam waktu secepatnya.

  9. Melindungi organ hati

    manfaat bawang putih melindungi organ hati
    Hati manusia adalah organ yang sangat penting yang berfungsi untuk menetralkan racun yang ada.

    Ada sebuah penelitian di publishkan oleh sener et al pada tahun 2005 bahwa manfaat bawang putih mampu untuk menangkal pengaruh jeleknya obat-obatan berbahan kimia dan nikotin dengan cara merangsang produksi senyawa glutathione.

    Liver atau organ hati mampu menghasilkan senyawa Glutathione yang dimana berfungsi proses detoksifikasi racun. Pentingkan organ hati kamu?? Iyalah sangat penting maka dari itu segeralah konsumsi bawang putih.

Cara Mengkonsumsi Bawang Putih Tunggal

Jika kamu ingin mendapatkan banyak manfaat dengan mengkonsumsi bawang putih, sebaiknya kamu melakukan hal itu setelah sehabis makan nasi ya. karen bawang putih memiliki sifat panas di lambung sehingga yang tadinya menyehatkan malah membuat kamu sakit maag akibat perut kosong bahkan bisa bikin penyakit types. Karena itu diusahakan perut kamu sudah terisi dengan nasi ya.

Jika kamu tidak kuat dengan bau yang di hasilkan oleh bawang putih yang begitu menyengat. Kamu bisa olah dahulu dengan ada satu cara yang tentunya tanpa adanya kerusakan dalam gizi yang terkandung di dalam bawang putih itu sendiri.

  1. pertama adalah dengan olah menjadi acar bawang. Yap acar bawang, cara membuatnya sama dengan membuat acar-acar lainnya yang biasa kamu buat. Siapkan saja bawang putih secukupnya lalu garam lalu gula pasir lalu cuka dan air tentunya. Cara membuatnya pertama  masukkan bawang putih yang telah kamu kupas bersama garam ke dalam toples lalu aduk hingga rata ya. setelah itu tutup toplesnya dan tinggal meracik bahan lainnnya, yaitu dengan merebus gula dalam air yang mendidih, lalu masukkan cuka dan aduk rata. Kemudian, biarkan resep ini menjadi dingin dan campurkan larutan pertama tadi ke dalam toples. Setelah bahan masuk kamu tunggu selama 3 hari lalu kamu bisa memakan dengan enaknya dengan ini.
  2. Kedua adalah dengan campuran bawang putih dengan madu, hehe madu memiliki banyak manfaat nya ya. Larutan manis nan pekat ini sangat cocok di untuk menghilangkan bau dan rasa yang kurang enak yang ditimbulkan oleh bawang putih. Tapi bukan di colek dengan madu ya, cara membuatnya adalah  masukkan bawang putih yang telah kamu kupas halus ke dalam botol bersama madu dan tunggu selama 2 minggu. Meski cukup lama tapi sangat manfaat bawang putih dan madu tersebut.

ok itu saja yang saya sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu

9 Manfaat Bawang Putih Yang Sangat Penting | Endah | 4.5
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: