13 Faktor Dan Tips Kebutuhan Tidur Untuk Kesehatan Sesuai Usia

ZonaWanita.Info –  Faktor Dan Tips Kebutuhan Tidur Untuk Kesehatan Sesuai Usia, Tidur merupakan salah satu kebutuhan vital manusia selain makan. Pada tiap kelompok, kebutuhan tidur seseorang akan berbeda tergantung dengan kondisi tubuh yang harus disesuaikan. Manusia yang kekurangan tidur sama buruknya dengan yang tidur berlebihan. Untuk itu National Sleep Foundation (NSF) para ahli dari Amerika itu mengeluarkan panduan durasi tidur sesuai usia.

Dalam rekomendasi panduan terbarunya ini, mereka telah memperluas kelompok usia anak-anak mulai dari bayi berusia 4 bulan sampai 17 tahun. Sementara untuk orang dewasa dimulai dari usia 18 tahun hingga 65 tahun. Pandun tersebut dibuat berdasarkan kajian dari para ahli lintas bidang, mulai dari ahli ahli anatomi, psikiatri, neurologi, dokter anak, dokter kandungan, hingga geriatri (dokter ahli lansia).

13 Faktor Dan Tips Kebutuhan Tidur Untuk Kesehatan Sesuai Usia

Kebutuhan Tidur Untuk Kesehatan Sesuai Usia

  • Bayi yang baru lahir (0-3 bulan)

Bagi bayi yang baru lahir dibutuhkan sekitar 14-17 jam waktu untuk tidur setiap harinya. Karena bayi yang baru lahir perlu lebih banyak tidur dibandingkna dengan orang dewasa untuk mendukung perkembangan mental dan fisik mereka cepat secara signifikan.

  • Kebutuhan Tidur Bayi (4-11 bulan)

Mulai dari bulan ke 4 kita akan melihat perubahan dalam pola tidurnya. Waktu yang dibutuhkan olehnya adalah sekitar 12-15 jam setiap harinya. Bayi masih akan tetap terjaga untuk durasi yang lebih lama. Biasanya periode ini dikenal dengan “empat bulan regresi”.

  • Kebutuhan Tidur Balita (1-2 tahun)

Saat si kecil memasuki masa balita, maka kebutuhan tidurnya secara bertahap akan berkurang. Mereka cukup memerlukan waktu sekitar 11-14 jam saja. Pada titik ini sikecil harus lebih banyak tidur dimalam hari dibandingkan siang hari.

  • Kebutuhan Tidur Anak-anak Prasekolah (3-5 tahun)

Anak pra sekolah atau TK yang sudah mulai besar membutuhkan waktu selama 10-13 jam tidur dimalam hari tanpa perlu tidur disiang hari. Jika dibutuhkan bisa melakukannya hanya sekitar 2-3 jam saja. Waktu untuk tidur mereka akan semakin berkurang sesuai pertumbuhannya.

  • Kebutuhan Tidur Anak Usia Sekolah (6-13 tahun)

Pekerjaan rumah juga perangkat elektronik yang semakin canggih akan membuat anak-anak diusia ini sulit untuk mengatur jadwal tidur dan menegakan rutinitas tidur yang teratur. Untuk itu biasakan menerapkan waktu tidur yang dibutuhkannya sekitar 9-11 jam setiap harinya.

  • Kebutuhan Tidur Remaja (14-17 tahun)

Saat beranjak remaja maka pola tidur mereka cenderung tidak teratur setiap harinya. Waktu yang mereka butuhkan untuk tidur sekitar 8-10 jam setiap harinya. Namun terkadang mereka akan terjaga hingga larut malam dan akan mempengaruhi jam biologis serta mempengaruhi kwalitas tidur baik mereka.

  • Kebutuhan Tidur Orang Dewasa Muda (18-25 tahun)

Penuaan yang sehat dikaitkan dengan pengurangan durasi tidur yang akan membantu dalam menjaga kewaspadaannya di siang hari. Dan waktu yang dibutuhkan sekitar 7-9 jam setiap harinya.

  • Kebutuhan Tidur Dewasa (26-64 tahun)

Sekelompok spesifik neuron berhubungan dengan mengatur pola tidur, yang disebut ventrolateral nukleus preoptic, mungkin perlahan-lahan mati saat usia bertambah. Maka waktu tidur kita akan semakin sulit karena semakin banyaknya sel-sel tersebut menghilang. Dan waktu yang dibutuhkan oleh tubuh saat usia ini sekitar 7-9 jam setiap harinya.

  • Kebutuhan Tidur Orang Dewasa yang Lebih Tua (65 + tahun)

Semakin kita dewasa atau lebih tua sayangnya banyak sekali yang mengalami kurang tidur dari waktu yaang mereka butuhkan. Idealnya orangtua membutuhkan waktu sekitar 7-8 jam untuk tidur setiap harinya, namun jika dmikian 5 jam saja sudah cukup baginya. Alasan dari kurang nya waktu tidur bagi orangtua bahwa mereka sering mengalami kesulitan tidur.

Baca juga:

Apa Saja Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Tidur Untuk Kesehatan Seseorang?

Sejumlah faktor mempengaruhi kualitas dan kuantitas tidur.  Faktor psikologis, fisiologis dan lingkungan dapt mengubah kualitas dan kuantitas tidur.

  1. Usia

Kualitas serta durasi tidur yang dibutuhkan oleh setiap orang akan berbeda sesuai kelompok usia seperti yang telah kita bahas diatas.

  1. Gaya Hidup

Rutinitas yang berbeda pada setiap orang juga mempengaruhi pola tidur mereka. Waktu kerja yang terkadang berubah-ubah seringkali menyulitkannya untuk menyesuaikan perubahan jadwal tidur. Perubahan lainnya yang mengganggu pola tidur adalah kerja berat yang tidak seperti biasanya, terlibat dalam aktivitas sosial pada larut malam, dan perubahan waktu makan malam.

  1. Stres Emosional

Stres emosional juga dapat menyebabkan seseorang menjadi tegang dan gelisah yang seringkali mengarah pada frustasi apbila tidak tidur. Hal tersebut bisa terjadi karena kecemasan tentang masalah pribadi, dimana kecemasan tersebut akan menjadi stres yang berlanjut dan dapat menyebabkan kebiasaan tidur yang buruk.

  1. Lingkungan

Lingkungan dimana tempat kita akan tidur juga perlu kita perhatikan. Seperti ventilasi yang harus baik, jika biasa tidur dengan seseorang lalu tidur sendri juga dapat mempengaruhi kualitas tidur, suara yang mengganggu, baik musik atau suara tv dan masih banyak yang lainnya.

  1. Aktivitas Fisik dan Kelelahan

Saat seseorang kelelahan pada tingkat menengah itu akan memperoleh tidur yang berkualitas, terutama jika lelahnya tersebut dikarenakan aktifitas yang menyenangkan. Berbeda dengan kelelalah yang berlebihan maka hanya akan meletihkan atau penuh stress yang membuatnya sulit tidur.

  1. Asupan Makanan dan Kalori

Makan malam dalam porsi yang besar, berat atau berbumbu akan membuat kualitas tidur kita terganggu dikarenakan makanan terebut tidak dapat di cerna dengan baik. Terutama minuman yang mengandung alkohol atau kafein dikonsumsi pada malam hari akan memiliki efek insomnia.

  1. Obat-obatan

Obat-obatan sering memilki efek samping mengantuk, tapi bagi beberapa sebagian obat juga memiliki kandungan yang membuat konsumennya sulit tidur, maka hal tersebut akan mengganggu kualitas tidur kita.

Selain itu masih banyak lagi faktor-faktor yang mempengaruhi, seperti kondisi cahaya pada sebagian orang memiliki cahaya yang cukup terang dan sebagian lainnya ingin memiliki ruang tidur yang gelap.

Baca juga:

Apa Saja Tips Yang Dapat Memenuhi Kebutuhan Tidur Untuk Kesehatan Seseorang?

  1. Buatlah Kamar Sesunyi Mungkin

Buatlah kamar mu jadi sesunyi mungkin, tapi jika dirasa sulit karena masih banyak nya aktifitas diluar (jalan) maka cobalah menyalakan musik yang sekiranya kamu sukai yang menenangkan.

  1. Buatlah Kamar Benar-Benar Gelap

Buatlah kamarmu menjadi benar-benar gelap, matikan seluruh alat elektronik yang memiliki cahaya LED yang dapat merusak kualitas tidurmu. Tapi jika kamu tidak menyukai gelap kamu cukup menggunakan lampu tidur yang redup.

  1. Buatlah Suhu Ruangan yang Sejuk 

Pada negara yang memiliki musim lebih panjang musim panasnya, maka kita membutuhkan pendigin ruangan baik kipas angin elektrik atau AC, karena suhu yang sejuk akan membantu kualitas tidurmu menjadi lebih baik.

  1. Matikanlah Telepon Seluler

Cobalah untuk mematikan ponsel saat akan tidur. Karena radiasi dari ponsel dapat menyebabkan waktu yang lebih lama bagi tubuh untuk memasuki tahap tidur nyenyak. Sebaiknya gunakanlah alarm jam biasa dibandingkan menggunakan ponsel.

  1. Ritual Sebelum Tidur

Lakukanlah aktifitas yang akan membantumu mengantuk satu jam sebelum tidur. Seperti membaca buku yang tidak biasa kamu baca, jika menyukai buku fiksi maka hindarilah dan coba membaca buku non-fiksi. Atau kamu juga dapat melakukan sedikit peregangan maka akan membantu saat berlangsungnya tidurmu.

  1. Tetapkan Jadwal Tidur dan Berpeganglah Padanya

Tips terakhir membutuhkan kedisiplinan waktu untuk hasil yang sangat memuaskan. Melakukan tidur dan bangu di waktu yang sma setiap harinya bahkan di hari libur sekalipun, akan membangun pola alami untuk waktu tidur yang baik. Tidurlah sebelum tengah malam untuk efek yang lebih bagus lagi.

Nah ladies itulah 14 Faktor Dan Tips Kebutuhan Tidur Untuk Kesehatan Sesuai Usia. Jika kita menanyakan seberapa penting kita untuk memperhatikan kebutuhan waktu tidur kita, maka tanyakan seberapa segar yang dapat kamu rasakan sewaktu tidur malam sebanyak sekian jam. Durasi tidur yang ideal sangan penting bagi kesehatan, karena saat kita kurang tidur maka akan mempengaruhi dan mengganggu hormon yang mengatur fungsi nafsu makan. Dan biasanya orang yang sering kurang tidur juga diketahui cenderung lebih gemuk.

Sebuah penelitian tahun 2011 yang dipublikasikan di European Heart Journal menemukan bahwa orang yang tidak cukup waktu tidur memiliki risiko 48 persen terkena penyakit jantung koroner dalam periode 7 sampai 25 tahun. Tak hanya itu, timbul 15 persen risiko meninggal akibat stroke dalam kurun waktu yang sama. Tapi risiko terhadap kesehatan tak hanya berlaku bagi mereka yang kurang tidur saja. Masih dalam penelitian yang sama, terlalu banyak tidur (lebih dari 9 jam dalam semalam) menunjukkan risiko 38 persen lebih tinggi terkena penyakit jantung koroner dan 65 persen lebih tinggi terkena stroke.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi pembelajaran bagi kita semua untuk lebih peka terhadap kualitas tidur kita yang dapat mempengaruhi kesehatan tubuh kita. Selamat mencoba!

 

Baca juga:

13 Faktor Dan Tips Kebutuhan Tidur Untuk Kesehatan Sesuai Usia | amelia | 4.5
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: